Breaking News

Pages

Wednesday, January 24, 2018

Cara Mengatur Jam Belajar di Rumah dengan Baik

Menjadi seorang murid memang suatu hal yang tidak mudah. Ketika pertama kali sekolah, Anda diharuskan melakukan adaptasi terhadap lingkungan, teman-teman, sistem kegiatan belajar mengajar sekaligus harus memfokuskan konsentrasi ketika guru menjelaskan di kelas. Belum lagi, akan ada beban untuk mengerjakan banyak tugas sampai sekadar merangkum materi atau memindah catatan di rumah. 


Hal-hal ini sudah seharusnya dimulai secara sistematis dengan cara mengatur jam belajar di rumah dengan baik. Karena ketika di sekolah, tugas Anda adalah menyimak apa yang guru sampaikan, memaksimalkan pikiran terhadap diskusi kelompok maupun tugas di kelas. Sehingga mengulang pelajaran ketika di rumah merupakan hal yang sangat perlu untuk Anda lakukan.

Hal pertama yang harus dilakukan agar mendapatkan hasil maksimal ketika mengulangi pelajaran di rumah adalah dengan menyusun cara mengatur jam belajar di rumah dengan baik. Sebelum mengatur jam belajar di rumah, pastikan Anda sudah mengetahui apa saja kegiatan keseharian atau rutinitas Anda di rumah. Mulai dari waktu tidur, waktu refreshing seperti bermain dengan kawan-kawan, bermain game, waktu membantu pekerjaan rumah, dan lain sebagainya. 

Setelah mengetahui apa saja rutinitas harian Anda, luangkan lah waktu untuk jam belajar. Anda bisa sedikit menahan diri untuk kegiatan-kegiatan bersenang-senang yang kurang bermanfaat. Mengurangi bukan berarti menghilangkan, hanya saja Anda mengurangi porsinya.

Selanjutnya, ketika Anda sudah mendapatkan jam belajar yang tepat, maka cara mengatur jam belajar di rumah dengan baik berikutnya adalah menyusun skala prioritas untuk mengisi jam belajar tersebut. Susunlah berdasarkan tingkat urgensi tugas-tugas Anda. Anda bisa membuat list setiap tugas yang diberikan guru Anda berdasarkan waktu pemberian dan dealine pengumpulan tugas. 

Dari sini, Anda dapat menggunakan jam belajar untuk mengerjakan terlebih dahulu tugas-tugas yang diberikan maupun dikumpulkan lebih awal. Perhatikan pula tingkat kesulitan tugas, mulai dari tugas memindah catatan, merangkum materi, soal harian, soal latihan, hingga tugas-tugas jangka panjang. Apabila Anda memiliki tugas jangka panjang seperti membuat makalah atau proposal, maka selalu biasakan untuk menyicil setiap hari sampai waktu pengumpulan tugas semakin dekat.

Cara mengatur jam belajar di rumah dengan baik juga memperlukan pembiasaan diri. Biasakan untuk tidak meremehkan suatu tugas hanya karena waktu pengumpulannya masih lama. Jangan biasakan pula untuk menunda-nunda pengerjaan tugas dan justru beralih ke skala prioritas yang lebih rendah. Berlatihlah untuk menuruti atau patuh terhadap jadwal yang telah Anda susun sendiri. Di sini sikap disiplin dan komitmen sangat dibutuhkan. 

Ketika ada teman-teman Anda yang mengajak Anda untuk bermain, biasakan diri Anda untuk mengatakan tidak apabila Anda masih memiliki tanggungan mengerjakan tugas. Apabila tugas Anda memang sangat banyak, Anda harus bersedia untuk mengorbankan jam bermain Anda. Namun setelah semua tugas Anda tuntas, Anda perlu untuk menghadiahkan diri Anda sendiri dengan liburan atau refreshing sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri.

Cara mengatur jam belajar di rumah dengan baik tentunya akan berjalan dengan berhasil apabila Anda bersungguh-sungguh dan berkomitmen terhadap diri sendiri. Apabila diperlukan, Anda juga bisa meminta bantuan terhadap pihak kedua atau ketiga untuk mengawasi proses belajar Anda, misalkan kepada guru les privat, kepada orang tua, ataupun kepada kakak. 

Yang terakhir, jangan sampai jadwal belajar yang telah Anda susun justru membuat Anda tertekan. Anda tetap bisa menikmati waktu belajar Anda dengan mencari strategi agar waktu belajar Anda menyenangkan dan tidak membuat kondisi psikologis Anda tertekan. Selamat mencoba!

Designed By